RPP

Februari 19, 2009 ismawardah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA :
Mata Pelajaran : IPS Sejarah
Kelas / Semester : XII / 1
Standar Kopetensi : Proses munculnya reformasi dan jatuhnya pemerintah Orde Baru
Kopetensi Dasar : Kemampuan menganalisis proses jatuhnya pemerintah Orde Baru, dan proses terjadinya Reformasi
Indikator : 1. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab munculnya tuntutan reformasi dan jatuhnya pemerintah Orde Baru..
2. Menghubungkan antara krisis politik, ekonomi, dan sosial dengan jatuhnya pemerintah Orde Baru
3. Merekonstruksi jatuhnya pemerintah Orde Baru secara kronologis.
:
Alokasi : 2 x 40 Menit (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran, agar siswa dapat:
1. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab munculnya tuntutan reformasi jatuhnya pemerintahan Orde Baru.
2. Menghubungkan antara krisis politik, ekonomi, dan sosial dengan jatuhnya pemerintah Orde Baru.
3. Merekonstruksi jatuhnya pemerintah Orde Baru secara kronologis Merekonstruksi jatuhnya pemerintah Orde Baru secara kronologis.
B. Materi Pembelajaran
1. Hubungan Krisis politik, ekonomi, dan sosial dengan jatuhnya pemerintah Orde Baru.
2. Kronologis jatuhnya pemerintah Orde Baru
3. Perkembangan poltik setelah 21 mei 1998.
4. Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di berbagai daerah sejak reformasi.
C. Metode pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Tugas
D. Langkah- langkah pembelajaran
1. Pendahuluan
1.1 Memberi tahu siswa tentang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
1.2 Apersepsi
1.3 Motivasi
2. Kegiatan inti (55 menit)
2.1 Guru mengarahkan siswa untuk membaca buku- buku yang berkaitan dengan proses munculnya reformasi dan jatuhnya pemerintah orde baru.
2.2 Menjelaskan hubungan krisis poltik, ekonomi dan sosial dengan jatuhnya pemerintahan Orde baru
2.3 Menjelaskan kronologis jatuhnya pemerintah Orde Baru
2.4 Menjelaskan perkembangan politik setelah 21 mei 1998
2.5 Menjelaskan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di berebagai daerah sejak Reformasi
2.6 Guru membagi dalam kelompok- kelompok maksimal 5 orang siwa untuk melakukan diskusi, membahas proses munculnya Reformasi dan jatuhnya pemerintahan Orde Baru
2.7 Tanya jawab tentang apa saja yang menjadi penyebab jatuhnya pemerintahan Orde Baru .
3. Penutup
3.1 Memberikan penguatan terhadap hasil tanya jawab dengan siswa
3.2 Guru bersama dengan siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah di pelajari
3.3 Memberikan tugas kepada siswa untuk mencari tahu tentang tujuan dan sifat dari Reformasi
E. Sumber Bahan Pembelajaran
1. Buku Sejarah 3A (Nasional dan Umum) SMA kelas XII, terbitan PT Tiga Serangkai Mandiri (Solo)
F. Media pembelajaran
1. Teknik penilaian : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tugas rumah

Entry Filed under: 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: