jawaban midle tes evaluasi pembelajaran sejarah

April 15, 2009 ismawardah

  1. Perbedaan mendasar antara tes, pengukuran, dan evaluasi :

Tes adalah suatu tugas atau seperangkat tugas yang direncanakan untuk memperoleh informasi tentang trait atau atribut pendidikan atau psikologik yang setiap butirnya mempunyai jawaban atau ketentuan yang dianggap benar.

Pengukuran adalah proses pengumpulan data melalui pengamatan empiris. Proses pengumpulan ini dilakukan untuk menaksir apa yang telah diperoleh siswa setelah mengikuti pelajaran selama waktu tertentu. Proses ini dapat dilakukan dengan mengamati kinerja mereka, mendengarkan apa yang mereka katakan serta mengumpulkan informasi yang sesuai dengan tujuan melalui apa yang telah dilakukan siswa.

Evaluasi adalah ) merupakan proses yang sistematis tentang mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan informasi untuk menentukan sejauhmana tujuan pembelajaran telah dicapai oleh siswa.

Perbedaan antara tes, pengukuran dan evaluasi:

Tes hanya sebagai media digunakan untuk memperoleh skor dari seorang yang kita uji, dengan ketentuan salah dan benar serta dapat memberikan informasi kualitatif maupun kuantitatif. Dan pengukuran digunakan untuk mengkategorikan seseorang masuk dalam kelompok tertentu yang diperoleh dari hasil tes. Sedangkan evaluasi dapat memberikan nilai tentang kualitas sesuatu secara menyeluruh dan menentukan kelulusan seseorang dalam satu hal.

2. Kaitan antara tujuan, bahan, metode pembelajarn dengan evaluasi, yaitu tujuan pengajaran yang hendak dicapai di sekolah mempunyai kaitan dengan bahan yang hendak diberikan dan metode belajar-mengajar yang dipakai guru dalam proses belajar mengajar dan sejauh mana keberhasilan guru memberikan materi dan sejauh mana murid menyerap materi yang disajikan itu dapat diperoleh informasinya dengan evaluasi.

3. Instrumen adalah perangkat ‘ilmiah’ untuk menentukan berhasi atau tidak, teracapai atau tidak dan terlaksana atau tidak rangkaian pendidikan atau tujuan pembelajaran. Instrumen juga diartikan sebagai alat untuk mengukur kemampuan seseorang biasanya berbentuk soal. Baik soal tersebut berbentuk pilihan ganda, uraian dan memasangkan atau mencocokan.

Pra-syarat yang dilalui oleh instrument sebelum sebelum instumen diberlakukan tes:

    1. Menetapkan tujuan tes ( tujuan yang ingin di capai)
    2. Validitas (soal yang akan diujikan bisa mengukur apa yang ingin diukur)
    3. Realibilitas (hasil nilainya sama atau tidak begitu jauh, bila soal tersebut diujikan lebih satu kali kepada satu siswa dikelas yang sama)
    4. Praktikabilitas (mudah dilaksanakan)
    5. Ekonomis (dalam menyelenggarakan tes hendaknya tidak menggunakan banyak biaya ( tidak mahal) bagi guru atau bagi murid)

4. Praktik UN SMP/MT,SMA/MA dimana hanya sebagian saja mata pelajaran yang diujikan sementara yang lainnya diabaikan, kira-kira bagaimana logika evaluatifnya Praktik UN SMP/MT-SMA/MA dimana hanya sebagian saja mata pelajaran yang diujikan sementara yang lainnya diabaikan, logika evaluatifnya, berarti sia-sia saja selama 6 tahun (jika di SD) dan 3 tahun (jika di SMP dan SMA) mempelajari mata pelajaran yang tidak di UAN kan tersebut. Dan juga menurut saya pemerintah itu seakan tidak punya pendirian, karena mereka sendiri yang menentukanj dan membuat kurikulum mata pelajaran yang di ajarkan di sekolah (SD, SMP, SMA) dan malah mereka menentukan cuma beberapa mata pelajaran yang di UAN kan. Menurut saya lebih baik pemerintah menetapkan kurikulum yang isinya cuma beberapa mata pelajaran yang di UAN kan itu saja.

5. Dalam prinsip evaluasi ada lima faktor yang menjadi penentu:

    1. Keterpaduan
    2. Keterlibatan Siswa
    3. Koherensi
    4. Pedagogis
    5. Akuntabilitas

Dalam kasus dari soal tersebut dapat disimpulkan bahwa penilaian dilakukan tanpa memuat faktor keterlibatan siswa, karena siswa diatas hanya memenuhi persyaratan nilai akademis yang memuaskan saja tidak melihat faktor keterlibatan siswa selama kegiatan pembelajaran.

Entry Filed under: 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: