RPP 2

Januari 22, 2010 ismawardah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Final Test ( 12 )

SMA                                        : SMA KORPRI Banjarmasin

PROGRAM                              : Ilmu Pengetahuan Sosial

MATA PELAJARAN              : Sejarah

KELAS / SEMESTER              : X/ 1

STANDAR KOMPETENSI      : 1.        Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah

KOMPETENSI DASAR           : 1.3.                 Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah

INDIKATOR                           : 1.                   Mendeskripsikan apa yang dimaksud dengan sumber, bukti, dan fakta sejarah.

3.         Fakta Sejarah

4.         Kenyataan Sejarah

5.         Metode identifikasi bukti dan fakta sejarah

ALOKASI WAKTU                 : 1 x 45 menit (1 x Pertemuan)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa diharapkan mampu untuk :

1.         Mendeskripsikan apa yang dimaksud dengan sumber, bukti, dan fakta sejarah.

3.  Fakta Sejarah

4.  Kenyataan Sejarah

5.  Metode identifikasi bukti dan fakta sejarah

B.MATERI PEMBELAJARAN

v      Apa yang dimaksud dengan sumber, bukti, dan fakta sejarah?

3.         Fakta Sejarah

Adalah data sejarah yang telah diverifikasi dan diinterpretasi oleh sejarawan, yang kemudian dijadikan dalil, argumentasi, atau dasar pemikiran dalam menulis karya sejarah. Fakta bukan semuanya kenyataan, melainkan hanya sebagian dari kenyataan sejarah.

4.         Kenyataan Sejarah

Adalah semua peristiwa yang benar- benar terjadi pada masa lampau yang berkaitan erat dengan tindakan manusia.

5.         Metode identifikasi bukti dan fakta sejarah

Ada tiga metode yang dipakai untuk mengidentifikasi fakta sejarah, yakni:

a.         Metode tipologi

Metode yang dipakai untuk menentukan umur suatu benda berdasarkan tipe benda peninggalan tersebut. Apabila semakin sederhana suatu benda, maka semakin tua umur benda peninggalan tersebut dan bila semakin kompleks atau rumit suatu benda peninggalan, maka semakin muda umur benda peninggalan tersebut.

b.         Metode stratigrafi

Metode yang dipakai untuk menentukan umur suatu benda berdasarkan lapisan tanah temapat benda tersebut ditemukan. Jika suatu benda ditemukan dilapisan paling bawah, maka semakin tua umurnya. Dan jika semakin atas suatu benda ditemukan, maka semakin muda umur benda tersebut.

c.         Metode Kimiawi

Metode yang dipakai untuk menentukan umur suatu benda dengan menggunakan unsur kimiawi. Seperti, C14 ( Carbon 14 ) dan unsur Argon.

C.METODE PEMBELAJARAN

1.Ceramah

2. Tanya Jawab

D.MODEL PEMBELAJARAN

1.Make – a match

E.LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.Pendahuluan ( 5 Menit )

a.Presensi kehadiran siswa

b.Apersepsi : guru mengingatkan sekilas materi yang telah dipelajari sebelumnya.

c.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

2.Inti ( 35 Menit )

a.Guru menjelaskan materi pelajaran ” apa yang dimaksud dengan sumber, bukti,

dan fakta sejarah.

3.  Fakta Sejarah

4.  Kenyataan Sejarah

5.  Metode identifikasi bukti dan fakta sejarah

b.Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

c.Mengintruksikan siswa untuk penutup buku pegangan dan buku catatan, setelah itu siswa ditanya satu persatu untuk menguji pemahaman akan materi pelajaran.

Soal:

1. Apa yang dimaksud dengan fakta sejarah?

2. Apakah fakta sejarah semuanya kenyataan sejarah?

3. Apakah yang dimaksud dengan kenyataan sejarah?

4. Sebutkan 3 metode untuk mengidentifikasi fakta sejarah?

5. Deskripsikan apa itu metode  tipologi, stratigrafi, kimiawi?

d.Menyimpulkan bersama- sama siswa

3.Penutup ( 5 Menit )

a.Memberikan tugas ”mencocokkan soal dan jawaban yang disediakan guru”.

F.SUMBER BELAJAR

1.Kurikulum KTSP dan perangkatnya

2.Buku ”Sejarah: Indonesia dalam perkembangan zaman” KTSP untuk Kelas X SMA, Mohammad Iskandar, dkk.

3.Materi dari internet

4.Buku-buku Penunjang Yang Relevan

G.MEDIA PEMBELAJARAN

1.Buku-buku pelajaran penunjang yang relevan

2.Skema Pembelajaran

3.Gambar- gambar

H.PENILAIAN

1.Teknik Menilaian  : Tertulis

2.Bentuk Instrumen : Tugas Mencocokan jawaban

3.Soal- soal                        :

# Soal  tugas :

1.         Fakta Sejarah

2.         Kenyataan Sejarah

3.         Metode Tipologi

4.         Metode Stratigrafi

5.         Metode Kimiawi

# Jawaban :

A.        Jika suatu benda ditemukan dilapisan paling bawah, maka semakin tua umurnya. Dan jika semakin atas suatu benda ditemukan, maka semakin muda umur benda tersebut.

B.         Semua peristiwa yang benar- benar terjadi pada masa lampau yang berkaitan erat dengan tindakan manusia.

C.         Metode yang dipakai untuk menentukan umur suatu benda dengan menggunakan unsur kimiawi. Seperti, C14 ( Carbon 14 ) dan unsur Argon.

D.        Apabila semakin sederhana suatu benda, maka semakin tua umur benda peninggalan tersebut dan bila semakin kompleks atau rumit suatu benda peninggalan, maka semakin muda umur benda peninggalan tersebut.

E.         Semua peristiwa yang benar- benar terjadi pada masa lampau yang berkaitan erat dengan tindakan manusia.

4.Kunci Jawaban tugas     :

1.         E                      2.         B                      3.         D

4.         A                     5.         C

5.Nilai akhir           :

Jumlah benar Frekuensi Nilai
5 100
4 80
3 60
2 40
1 20

Keterangan:

Nilai persoal = 20

Banjarmasin, Januari 2010

Ismawardah

Entry Filed under: 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Januari 2010
S S R K J S M
« Jun   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: