PENGALAMAN PKL

April 24, 2010 ismawardah

DESA BANGKA

KECAMATAN  SERUYAN RAYA KABUPATEN SERUYAN

PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

PKL kali terasa sangat beda dengan PKL yang terdahulu. PKL kali ini untuk pertama kalinya tidak melewati Hulu Sungai, melainkan lewat jalan jembatan Barito dan tujuannya pun tidak tanggung- tanggung, yaitu di Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah, tepatnya di Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya. Walaupun perjalanan begitu melelahkan, mulai dari pagi jam 9 dan baru sampai disana jam 3 pagi.

Di sepanjang jalan tepatnya pada saat memasuki wilayah Kalimantan Tengah (di Kapuas) terlihat pemandangan yang begitu membuat saya kagum dan terkesan. Ternyata masyarakat Kalimantan Tengah menjunjung tinggi cirri khas daerahnya. Semua itu  terlihat  dari berbagai aspek kehidupan. Yang paling sangat terlihat yaitu bentuk bangunan, yang bukan hanya bangunan penting, seperti kantor- kantor pemerintahan ataupun  balai adat saja, tetapi juga banyak rumah warganya yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu menyerupai bangunan rumah adat Kalimantan Tengah atau yang biasa disebut rumah Betang/ rumah Panjang. Hal tersebut terlihat dari atap bangunan tepatnya di bagian depan dan belakang atapnya tersebut terdapat ujung kayu berlebih membentuk silang dan terdapat ukiran khas dayak.

Selain itu juga sesampai di desa Bangkal saya melihat untuk pertama kalinya banyak terdapat bagunan tempat pemakaman yang berbeda dengan  yang biasa ku lihat. Pemakaman tersebut telihat unik, dan pemakaman tersebut adalah pemakaman orang dayak , yakni berbentuk rumah- rumahan yang di ukir dan bercat warna- warni yang diberi tongkat menyangga. Selain itu  juga terdapat patung- patung pahatan dari kayu, ada yang menyerupai polisi yang diatas kepalanya ada burung enggang, ada juga patung orang dengan monyet diatas kepalanya, dan lain- lainnya.

SEKILAS TENTANG DESA BANGKA KEC  SERUYAN RAYA KAB SERUYAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Desa Bangkal adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Danau Sembuluh dan setelah terjadi pemekaran pada Maret 2010, desa Bangkal tergabung dalam kecamatan baru hasil dari pemekaran tersebut yakni  kecamatan Seruyan raya, kabupaten Seruyan (Kalimantan Tengah).

Luas wilayah desa Bangkal diperkirakan kurang lebih 5 KM, dengan daerah yang berputar- putar.

Desa Bangkal berbatasan dengan:

  1. Di sebelah barat desa Bangkal berbatasan dengan Terawan.
  2. Di sebelah barat desa Bangkal berbatasan dengan Tmbigu ( Sungai Bangkal)
  3. Di sebelah barat desa Bangkal berbatasan dengan tanah putih Km 62 – 70 ( Bata Kayu Ulin)

Desa Bangkal wilayahnya meliputi dataran tinggi, dengan hutan berada disekelilingnya. Hutan di desa Bangkal  sama seperti halnya dengan hutan didaerah lainnya, sudah banyak yang ditebang.

Selain dataran tinggi yang dikelilingi hutan, di desa Bangkal juga terdapat danau yang sangat luas,  yang dimanfaatkan masyarakat didesa Bangkal ini sebagai tempat memenuhi kebutuhan sehari- hari, seperti tempat mandi, cuci (pakaian, peralatan rumah tangga, dan lainnya),serta sebagai tempat pembuangan akhir (MCK), dan danau tersebut juga dijadikan  sebagai tempat peternakan ikan (Keramba ikan). Selain itu danau tersebut juga dijadikan salah tempat wiasata Kabupaten Seruyan (Kalimantan Tengah) yang dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Danau tersebut dilengkapi dengan dermaga tempat kapal- kapal kecil merapat.

Masyarakat yang menetap atau mendiami desa Bangkal berbagai macam etnis, mulai dari penduduk asli yaitu suku dayak dan orang pendatang, seperti orang jawa, banjar, dan lainnya. Begitu pula dengan agama yang dianut juga berpariasi, seperti agama kaharingan, Kristen, islam, hindu, Buddha.

Walaupun ada banyak pendatang yang menetap di desa bangkal ini dan sudah masuk agama lainnya, tetapi mayoritas penduduk yang mendiami desa Bangkal adalah orang dayak sebagian masih beragama kaharingan dan sebagian lagi sudah menganut agama lainnya. Akan tetapi mereka (orang dayak) tersebut masih memegang teguh adat istiadatnya.

Di desa Bangkal juga terdapat pasar yang dilaksanakan seminggu sekali yaitu pada hari minggu pagi, yang menjual berbagai macam kebutuhan yang berasa dari kabupaten. Selain itu desa Bangkal juga sudah terdapat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan puskesmas. Dan untuk menunjang kegiatan peribadatan masyarakatnya, terdapat mesjid, gereja.

Entry Filed under: Kebudayaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

April 2010
S S R K J S M
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: